Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjalankan Bisnis Digital Marketing

Maka dari itu, jika kamu berniat menjalankan bisnis maka perlu dipertimbangkan juga terkait pemanfaatan transaksi digital ini. Misalnya, menjual produk melalui market dan menyediakan opsi pembayaran secara digital. Pada period digital seperti sekarang ini, setiap hari ada bisnis baru yang bermunculan.

Saat bisnis sudah berkembang, maka kita bisa memperluas dengan berjualan di market. Cara yang kedua dalam melakukan riset pasar adalah dengan focus group dialogue. Dalam FGD, moderator menggunakan serangkaian pertanyaan atau topik bernaskah untuk memimpin diskusi di antara sekelompok orang. Sesi ini berlangsung di lokasi netral, biasanya di fasilitas dengan peralatan rekaman video dan ruang observasi dengan cermin satu arah. Grup fokus biasanya berlangsung selama satu hingga dua jam, dan dibutuhkan setidaknya tiga grup untuk mendapatkan hasil yang seimbang.

Hasil pengamatan yang sudah Anda lakukan tersebut, berguna sebagai bahan pertimbangan yang akan dilakukan sebelum Anda melemparkan produk Anda di pasar. Hal ini akan membuat Anda lebih bijak lagi dalam melihat potensi bisnis yang akan Anda jalani. Nah demikian informasi ini kita sampaikan, jika kamu punya usul untuk melakukan riset pasar yang efektif dan efisien, jangan lupa komentar di bawah ini ya.

Melakukan riset sebelum memulai usaha

Untuk mewujudkan gagasan dalam memulai usaha baru, perlu dilakukan penajaman insting dan naluri, serta tidak gegabah membuka usaha tanpa perencanaan yang jelas. Sebab, sesuai dengan skala bisnis Anda, ada hal-hal yang tidak bisa Anda lakukan sendiri. “Memang tampak jelas, namun mengelola kehadiran on-line dapat membuat perusahaan baru salah langkah,” ungkap Darain Faraz, pakar karier di LinkedIn. Rencana bisnis yang baik akan memuat segala hal yang Anda butuhkan, mulai dari analisis pasar, rencana keuangan, hingga proyeksi bisnis ke depan. Ini pun harus dilakukan secara matang, karena tak bisa dilakukan dalam sekejap.

Dalam menentukan produk ini juga tidak bisa asal-asalan, tanpa memikirkan beberapa hal terlebih dahulu sebelumnya. Namun jangan jadikan rasa takut sebagai kendala untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Setidaknya dengan mengetahui alasan-alasan yang melatarbelakangi gagalnya bisnis baru tersebut, Anda bisa lebih cermat dan teliti dalam memulai dan menjalankan bisnis sehingga mampu mengantisipasi kegagalan. Mereka cenderung hanya melakukan promosi ringan dan terbatas, mengingat modal yang dimiliki tidak memungkinkan untuk melakukan promosi secara besar-besaran dan gencar.

Tentu, bila Anda mendapat saran dari profesional dan membangun perusahaan dengan kontrol inner dan memprosesnya dengan tepat sejak awal, Anda punya kesempatan untuk berhasil. Meski Anda memiliki waktu pemasaran yang tepat, kompetisi tidak akan berhenti dan membiarkan Anda mengambil alih. Mereka akan melakukan perlawanan dengan inovasi dan memperoleh kembali pelanggan mereka. Ketika ini tercapai, kembangkan produk dan minta pelanggan membayarnya. Pada tahap ini, pendiri bisnis harus sangat berkomitmen dalam mengubah konsep menjadi produk berharga.

Ketika Anda memiliki pelanggan yang solid dan aliran dana yang baik, biarkan keberhasilan membantu Anda menentukan ukuran bisnis yang tepat. Beberapa indikasi kalau ekspansi bukan langkah yang tepat antara lain ketidakmampuan memenuhi kebutuhan pelanggan dan pegawai mengalami kesulitan mengikuti tuntutan produksi. Kita bisa mempromosikan dan melakukan riset pasar melalui media sosial.