Strategi Mempertahankan Bisnis Di Tengah Covid

Geser strategi untuk mengoptimalkan layanan supply order, drive thru atau menggencarkan promo berlangganan. Anda bisa menekan biaya operasional dengan mengoptimalkan layanan delivery order yang tidak membutuhkan kehadiran karyawan terlalu banyak. Karena tidak melayani pembeli sit in, Anda juga tak perlu menyalakan semua lampu dan mesin pendingin udara di kedai sepanjang waktu operasional. Hemat juga biaya pemasaran dengan mengoptimalkan media sosial saja secara organik.

Resepsi pernikahan dihadiri maksimal 30 orang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. Misalnya, para pramusaji selalu mengenakan masker dan sarung tangan untuk memastikan minuman yang dibuat steril, menyediakanhand sanitizerbagi jasadeliveryyang mengambil barang pesanan, dan sebagainya. Sejalan dengan itu, sektor ini juga paling besar kemungkinannya terkena dampak dari lesunya perekonomian, sebab diperlukan jam terbang perusahaan untuk punya nama di segmennya yang sangat spesifik. Jika tidak ingin ditinggalkan pelanggan, perusahaan harus berfikir ulang untuk menetapkan harga harga reasonable, agar bisa bersaing dengan pendatang baru . Dalam hal ini harus ditinjau ulang pengelolaan aset agar tidak menjadi beban baru yang justru bisa membuat kondisi perusahaan semakin terpuruk.

Soal pembuatan dan pengelolaan web site toko on-line, Anda juga tidak perlu bersusah payah belajar sendiri. Anda dapat membaca panduan lengkap kami tentang toko on-line, mulai dari langkah-langkah membuatnya hingga cara mengelolanya. Ditambah lagi, cloud internet hosting sangat jarang memiliki downtime; cocok untuk kebutuhan bisnis.

Pandemi akibat penyebaran virus Corona belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. [newline]Hal ini tentu saja berimbas pada berbagai macam usaha dan industri, tidak terkecuali dengan bisnis clothing. Untuk mengantisipasi penurunan omset selama pandemi, diperlukan strategi bisnis clothes yang paling tepat agar bisnis yang dijalankan bisa tetap bertahan dan menguntungkan. Di sisi lain, pemilik usaha pun harus memutar otak untuk memastikan keuangan usahanya tetap sehat dan bisa bertahan di masa sulit ini.

Mempertahakan bisnis disaat pandemi

Namun sayangnya dari sekian banyak pemilik bisnis, sedikit diantara mereka yang bisa mencapai impian tersebut. Kebanyakan malah terjebak 24 jam di bisnis, tidak bisa meninggalkan bisnis karena sistem yang tidak jalan, karyawan yang kinerjanya jelek sehingga pemilik bisnis terpaksa mengerjakan ulang pekerjaan tersebut. Tentunya pemilik bisnis tidak mau cara promosi on-line yang dilakukan hanya membuang waktu, tenaga, dan uang saja. Adalah tangga dimana pemilik bisnis memiliki monetary freedom dan time freedom yang membuat pemilik bisnis berpikir strategis untuk diversifikasi usaha dengan menanam modal. Jika pemilik bisnis terjebak 2 anak tangga jebakan ini, maka harga yang dibayar adalah kehidupan pemilik bisnis itu sendiri. Kunci sukses usaha yang harus dilalui pemilik bisnis untuk bisa mencapai tangga 3 entrepreneur, adalah dengan tidak terjebak dalam 2 anak tangga jebakan berbahaya.

Dengan cara ini pula mereka mempertahankan ceruk pasar yang jadi sumber cash circulate untuk terus menghidupi perusahaan. Keberanian sebuah perusahaan untuk tetap mempertahankan konsumen ketimbang membentuk keuntungan lebih sering menyelematkan kehidupan perusahaan itu sendiri ketimbang mematikannya. Pengusaha yang lebih memilih menaikkan harga akibat tekanan ekonomi Togel HK kadang kehilangan pasar. Karena itu, ada beberapa perusahaan yang sudah tahu untuk membentuk second opinion sebelum market memang berubah mengalami kelesuaan. Tujuannya agar roda produksi tetap berjalan meski tak harus menaikkan harga secara signifikan. Ia mendirikan sebuah bisnis tentu tidak bisa asal – asalan meskipun ia mendirikan Cast Distro ini pada tahun 2016 sebelum masa pandemi.

“Di tengah pandemi ini, tentunya para pelakubrandharus bijak dalam mengalokasikan danacampaign-nya. Kreativitas saatbrandingitu mutlak harus dilakukan, terlebih di saatwork from homeseperti ini. Tria Raharjo selaku CEO TRAS N CO Indonesia, menyebut bahwa banyak sektor yang merasakan dampak dari benca wabah virus corona. Beberapa sektor bisnis yang berkemungkinan mengalami penurunan penjualan adalah bengkel, restoran, salon, spa, properti, mice, tour & travel, resort, transportasi, penerbangan, mal,trend,dan beberapa sektor bisnis lainnya. Usaha-usaha yang bergerak di bidang kesehatan seperti penyedia/penjual masker, handsinitizer, multivitamin dan jamu herbal merupakan salah satu usaha yang permintaannya meningkat di tengah pandemi ini. Bahan pangan kebutuhan pokok hasil dari pertanian seperti beras, sayur-sayuran, umbi-umbian dan lain sebagainya merupakan salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat yang harus terpenuhi dalam kondisi apapun, termasuk kondisi pandemi covid 19.

Anda juga menolong kehidupan orang lain dengan terus menjalankan bisnis Anda. Ada banyak ide dan gagasan yang bisa diekspresikan untuk menggambarkan kondisi pandemi. Selain berupa gambar virus corona yang begitu mematikan, design pada kaos juga bisa dibuat dengan kata-kata yang lazim digunakan dalam menghadapi pandemi ini. Mulai dari istilah “jaga jarak”, “stay at home”, work from home”, “social distancing”, “phisycal distancing”, dll.

Media sosial yang dikelola dengan serius dan terencana bisa menjadi promosi murah namun sangat efektif bagi UKM. Maka, rencanakan apa yang akan diunggah, buat katalog produk secara menarik dan kreatif, dan buat jadwal untuk mengunggahnya secara konsisten. Dan jangan lupa untuk membuat akun media sosial menjadi akun untuk bisnis. Tidak cuma sekadar punya saja, produk dan toko yang dimiliki harus rajin dipromosikan.