5 Tips Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Jangan sampai saltum atau salah kostum karena apa yang kamu pakai di minggu pertama akan membuat kesan. Melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja No.102 Tahun 2004, perusahaan berkewajiban untuk membayar upah lembur kepada karyawan yang bekerja di luar waktu operasional. Artinya, pemberi kerja dapat mengaplikasikan jam kerja sejumlah atau kurang dari ketentuan. Jumlah jam kerja dan hari kerja yang tertera merupakan jumlah maksimal yang dapat diterapkan oleh perusahaan.

Karena kata orang penampilan menunjukan sikap seseorang tersebut. Nah, buat kamu yang masuk kerja di hari pertama, salah satu yang harus kamu lakukan adalah merapikan meja kerja dan menyusunnya biar lebih cantik. Selain memberi asistensi pada rekan kerja jika kamu belum menerima kerjaan, cari kesempatan dimana kamu bisa memberikan bantuanmu.

Beberapa tips untuk bekerja di hari pertama

Di hari pertama, usahakan untuk pulang tidak terlalu cepat meskipun kamu tidak banyak pekerjaan dan jam kerja pun sudah selesai. [newline]Selain dapat mengenal lebih banyak orang, suasana makan siang yang lebih cair dan tidak formal membantumu mengenal situasi kerja dan karyawan lain dengan lebih private. Berikan Kong4D kesan yang baik mengenai dirimu dengan datang lebih awal dari jam masuk kerja. Banyak pemilik bisnis, khususnya bisnis startup dan UMKM terjerat kasus hukum karena kurangnya pemahaman mengenai praktik hukum. Hukum dalam bisnis berfungsi untuk membantu bisnis Anda agar berjalan dengan lancar, tertib, dan aman.

Saat berada di kantor, artinya kamu harus mengesampingkan segala urusan pribadi dan fokus mengerjakan pekerjaan. Cobalah untuk mentakrabkan diri dan melebur bersama teman kerja lain. Hal yang harus Anda lakukan adalah menyapa mereka dengan menjabat tangan sambil berkenalan. JAKARTA – Mempersiapkan karier setelah lulus dari menimba ilmu di universitas dan sederajat sudah pasti harus dilakukan para contemporary graduate. Dunia kerja memiliki banyak sekali hal baru dan asing bagi orang yang belum merasakannya. Saat menjadi karyawan baru, lakukanlah inisiatif untuk membantu karyawan lain atau hal-hal baik lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan pada hari pertamamu bekerja. Kesan pertama yang dapat dilihat oleh atasan dan teman-teman kantor baru Anda adalah penampilan fisik dan outfit Anda. Untuk memberikan kesan pertama yang baik, tidak ada salahnya memakai pakaian terbaik Anda. Pakaian yang terbaik bukan berarti harus formal dan baru, pakaian terbaik adalah pakaian yang akan menambah percaya diri dan tentunya sesuai dengan lingkungan kerja Anda. Ada baiknya kita memperbanyak senyum dan sapa kepada semua orang yang kita temui di tempat kerja.

Untuk mendapatkan kesan positif, penampilan adalah hal pertama yang dilihat. Karena itu pastikan penampilan Anda terlihat profesional dan pantas untuk ke kantor. Hindari kesan jorok, misalnya memakai kemeja yang kotor atau celana yang sudah robek.

Pastikan Anda mempelajari dulu seperti apa budaya kantor Anda dari perilaku teman-teman sekerja, hubungan teman sekerja dengan atasan, dan sebaliknya. Ada kantor yang Anda bisa dengan santai menghampiri meja bos untuk berdiskusi, ada juga kantor yang bahkan Anda tak akan punya kesempatan untuk berbicara dengan bos besar Anda. Anda tentunya tak mungkin mengingat banyak hal dalam waktu yang singkat. Keuntungan pulang bersama, kamu bisa menghindari situasi canggung ketika keluar kantor sendiri sementara yang lain masih di meja kerja mereka. Anda dapat memanfaatkan waktu makan siang Anda di hari pertama untuk mengenal tempat kerja, terutama wilayah kubikel Anda.

Ini akan memberi Anda kesempatan terbaik untuk menyampaikan pemikiran Anda. Rasa malas membuat pekerjaan terbengkalai, tetapi tidak ketika Anda memiliki perencanaan kerja yang baik. Misalnya, ingin mengerjakan tugas sebelum pukul 04.00, sehingga bisa pulang cepat dan berbuka puasa di rumah. Hal-hal semacam ini bisa memicu semangat, sehingga produktivitas kerja tetap terjaga. Layanan HRIS dengan fitur pengaturan aplikasi shift kerja dalam produk solusi Talenta dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses pembagian jam kerja karyawan secara efisien dan praktis.

Misalnya, apa saja visi dan misi perusahaan, siapa saja klien dan pihak yang bekerja sama dengan perusahaan Anda dan lain sebagainya. Tergantung usia anak, mungkin saja Anda harus menggunakan jasa babysitter atau meminta tolong kepada orang tua untuk menjaga cucu mereka selagi Anda bekerja. Idealnya, lakukan simulasi ini setidaknya satu atau dua kali sebelum Anda mulai bekerja kembali. Sebelum memulai bekerja di tempat yang baru, tentu saja ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membangun kesan baik adalah datang bekerja tepat waktu. Karena kesan pertama ini dapat menentukan kesan Anda selanjutnya, untuk itulah Anda harus dapat membuat impresi baik tak hanya bagi atasan namun juga sesama rekan kerja. Dengan hadir tepat waktu, dapat memperlihatkan sisi kedisiplinan dari dalam diri Anda. Sebelum memasuki kantor baru, luangkan waktumu untuk mempelajari tentang calon atasan dan rekan kerja barumu. Jika belum mempunyai akses sama sekali jangan khawatir, kamu bisa mempelajarinya lewat situs perusahaan ataupun media sosialnya.